Konsep Kurikulum 2013 & Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP)
Konsep Integrated Thematic Instruction (ITI)
A. Muatan Kurikulum 2013.
Struktur Kurikulum SD/MI,sebagaimana dituangkan dalam PP No.32/2013, sebagai berikut:
I. Kelompok A:
Kelas :............................................. I - II - III - IV - V - VI
1. Pend.Agama & Budi Pekerti : 4 4 4 4 4 4
2. PPKn : 5 5 6 5 5 5
3. Bahasa Indonesia : 8 9 10 7 7 7
4. Matematika : 5 6 6 6 6 6
5. Ilmu Pengetahuan Alam : - - - 3 3 3
6. Ilmu Pengetahuan Sosial : - - - 3 3 3
II. Kelompok B/ Muatan Lokal
1. SBK : 4 4 4 5 5 5
2. PJOK : 4 4 4 5 5 5
Jumlah Alokasi Minimal /Minggu = 30 32 34 36 36 36
NB : 1). Pelajaran SBK,dapat memuat Bahasa Daerah.
2). Disamping Pelajaran-2 di atas ada Pelajaran Ekstra Kurikuler.
3). Pramuka Wajib ada / wajib diikuti oleh semua murid/siswa.
B. Konsep PTP dan ITI
Konsep pembelajaran Integrated Thematic Instruction (ITI), diyakini sebagai model pembelajaran yang
cukup influentif dan efektif ( Highly Effective and Influntive Theaching Model ).
1. Ciri-ciri Pembelajaran Tematik:
1.1. Berpusat pada anak.
1.2. Memberikan Pengalaman langsung.
1.3. Pemisahan Pembelajaran tidak nampak.
1.4. Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam PBM (menyatu/brandit)
1.5. Hasil belajar dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
1.6. Bersifat luwes.
1.7. Tidak terpenggal-penggal.
1.8. Menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar.
2. Pendekatan yang dipakai : Saintific Approach
Membuat anak mau belajar.
5 (lima) model Pendekatan PTP/ITI: melaui OQAEN sbb:
1.1. Observing = mengamati.
1.2. Questining = menanya
1.3. Assosoating = menalar
1.4. Experimenting= mencoba
1.5. Net working = mempublikasikan / mengkomunikasikan.
ke lima model pendekatan ini diterapkan dalam proses pembelajaran yang menyatu melalui :
1). Eksploring. 2). Elaborating. 3). Konfirmating. 4). reflekting.
Sumber :
1. Workshop/Diklat Kururikulum 2013, KKM Kecamatan Pasar Rebo, di MIT Salsabila Kalisari
Jakarta Timur, 9 s.d. 11 Januari 2014, Pemateri : Nina Ratna Suminar, M.Si, dari LPMP DKI Jakarta.
2. Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penerapan Kurikulum 2013, Bagi Guru Madrasah
Ibtidaiyah (MI), Balai Diklat dan Pelatihan Kemenag DKI Jakarta, 2 s.d. 8 Juni 2014, di Aula
Kankemenag Kota Jakarta timur. Pemateri / Widya Iswara : Dr. Juwanda Kasim dan Muhammad
Juwanda, M.Ed.
Bogor, 15 Juni 2014 M
16 Sya'ban 1435 H
Yasin Nuntoro, S.PdI., A.Ma.
Guru Fiqih & Wakamad pada MI
Sabtu, 14 Juni 2014
Konsep Kurikulum 2013 & Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP)
19.51
Akhlaqul Karimah di MI, Model pembelajaran Branditan (menyatu) seperti Es Joice, modelpembelajaran ala Pesantren, Pembelajaran Holistic, Pembelajaran Influentif, Pembelajaran Saintific, Sistim CBSA
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar