INFO KULIAH Dan SKRIPSI

MELAYANI JASA PEMBUATAN TESIS, SKRIPSI, LAPORAN PKL, DAN AGEN PENDAFTARAN KULIAH MUDAH, MURAH

Sabtu, 14 Juni 2014

Konsep Kurikulum 2013 & Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP)

Konsep Kurikulum 2013 & Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP)
Konsep Integrated Thematic Instruction (ITI)

A. Muatan Kurikulum 2013.
     Struktur Kurikulum SD/MI,sebagaimana dituangkan dalam PP No.32/2013, sebagai berikut:   
 I.     Kelompok A:
        Kelas :.............................................     I    -    II    -     III    -   IV  -   V  -    VI
        1. Pend.Agama & Budi Pekerti  :    4          4         4          4        4         4
        2. PPKn                                          :    5          5         6          5        5         5
        3. Bahasa Indonesia                    :    8          9       10          7        7         7
        4. Matematika                                 :    5          6         6          6        6         6
        5. Ilmu Pengetahuan Alam          :    -          -          -          3        3         3
        6. Ilmu Pengetahuan Sosial        :    -          -          -          3        3         3
II. Kelompok B/ Muatan Lokal
        1. SBK                                            :    4         4          4         5         5        5
        2. PJOK                                          :    4         4          4         5         5        5
Jumlah Alokasi Minimal /Minggu      =  30       32       34        36       36      36
NB : 1). Pelajaran SBK,dapat memuat Bahasa Daerah.
        2). Disamping Pelajaran-2 di atas ada Pelajaran Ekstra Kurikuler.
        3). Pramuka Wajib ada  / wajib diikuti oleh semua murid/siswa.
B. Konsep PTP dan ITI
     Konsep pembelajaran Integrated Thematic Instruction (ITI), diyakini sebagai model pembelajaran yang
     cukup influentif dan efektif ( Highly Effective and Influntive Theaching Model  ).
     1. Ciri-ciri Pembelajaran Tematik:
          1.1. Berpusat pada anak.
          1.2. Memberikan Pengalaman langsung.
          1.3. Pemisahan Pembelajaran tidak nampak.  
          1.4. Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam PBM (menyatu/brandit)
          1.5. Hasil belajar dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
          1.6. Bersifat luwes.
          1.7. Tidak terpenggal-penggal.
          1.8. Menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar.

      2. Pendekatan yang dipakai : Saintific Approach
          Membuat anak mau belajar.
          5 (lima) model Pendekatan PTP/ITI: melaui OQAEN sbb:
          1.1. Observing      = mengamati.
          1.2. Questining      = menanya
          1.3. Assosoating   = menalar
          1.4. Experimenting= mencoba
          1.5. Net working  = mempublikasikan / mengkomunikasikan.
          ke lima model pendekatan ini diterapkan dalam proses pembelajaran yang menyatu melalui :
          1). Eksploring. 2). Elaborating. 3). Konfirmating. 4). reflekting.

Sumber :
1. Workshop/Diklat Kururikulum 2013, KKM Kecamatan Pasar Rebo, di MIT Salsabila Kalisari
    Jakarta Timur, 9 s.d. 11 Januari 2014, Pemateri : Nina Ratna Suminar, M.Si, dari LPMP DKI Jakarta.
2. Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penerapan Kurikulum 2013, Bagi Guru Madrasah
    Ibtidaiyah (MI), Balai Diklat dan Pelatihan Kemenag DKI Jakarta, 2 s.d. 8 Juni 2014, di Aula
    Kankemenag Kota Jakarta timur. Pemateri / Widya Iswara : Dr. Juwanda Kasim dan  Muhammad 
    Juwanda, M.Ed.

Bogor, 15 Juni 2014 M
           16 Sya'ban 1435 H
Yasin Nuntoro, S.PdI., A.Ma.
Guru Fiqih & Wakamad pada MI

0 komentar:

Posting Komentar